Selamat Datang

Hai, Sahabat! Selamat datang!
Awali dengan Bismillah!

Rabu, 07 Februari 2024

Kuliah Kerja Nyata Tematik Kebangsaan

Adanya Kuliah Kerja Nyata Tematik untuk mensinergikan ilmu dan menyelesaikan permasalahan di masyarakat melalui konsep pemberdayaan, serta membimbing mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu yang dipelajarinya dalam kehidupan bermasyarakat. KKN Tematik yang dipilih adalah KKN Tematik Nasional Kebangsaan untuk menumbuhkan jiwa empati dan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat, mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan KKN Tematik Nasional Kebangsaan merupakan rangkaian program kerjasama antara mahasiswa dan masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan kerja sama tim dan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program sehingga program utama dan pendukungnya antara lain Program Gerakan Desa Mengajar, Program Hari Kemerdekaan, Workshop, dan Program Bakti Sosial. Mahasiswa melaksanakan program dengan baik di bidang pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan, dan pelestarian budaya. Hal ini memberikan pemahaman kepada siswa bahwa kegiatan nasional bukan sekedar kegiatan politik, namun menyadarkan siswa bahwa membangun desa berarti membangun bangsa. Jika suatu desa mempunyai ketahanan dalam bidang Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya, Pertahanan, Keamanan, Agama, dan Iptek, maka dengan sendirinya akan memperkuat ketahanan bangsa.

Referensi

Taufik, I. N. (2024). Implementasi Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Kebangsaan di Dusun Hanjuang Beureum. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat5(1), 880-893. 

Taufik, I. N. (2024). Implementasi Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Kebangsaan di Dusun Hanjuang Beureum . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat5(1), 880–893. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1.7416



https://ejournal.unma.ac.id/index.php/bernas/article/view/7416/4387

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.