Selamat Datang

Hai, Sahabat! Selamat datang!
Awali dengan Bismillah!

Rabu, 07 Februari 2024

MEDIA PEMBELAJARAN POKETUN

 Penggunaan Poketun sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien dalam pembelajaran pantun ditanggapi positif oleh guru dan siswa sekolah dasar. Hal ini membuktikan bahwa kehadiran teknologi informasi dan komunikasi bukan menjadi penghalang dalam kegiatan pembelajaran, namun agar pembelajaran menjadi lebih menarik.

Adesti & Nurkholimah (2020) menyatakan bahwa salah satu kelebihan media pembelajaran berbasis Android adalah mudah dioperasikan dan dipahami oleh siswa. Poketun termasuk aplikasi yang mudah dipasang dan dioperasikan pada smartphone berbasis Android oleh guru dan siswa sekolah dasar. Hal ini menjelaskan bahwa Poketun merupakan salah satu media pembelajaran berbasis Android yang mudah dioperasikan, dipahami, dan dipahami oleh siswa; tombol-tombol pada media Poketun dapat berfungsi dengan baik sesuai petunjuk penggunaan media tersebut.

Ketika guru ingin memperkenalkan kegiatan sastra khususnya kegiatan pembelajaran pantun kepada siswa, tidak sempurna jika hanya menampilkan teks yang berisi teori pantun. Dengan memanfaatkan media aplikasi Poketun dapat ditampilkan video pembelajaran pantun untuk menjelaskan teori pantun dengan menarik. Selain itu juga ditampilkan cara membaca pantun yang baik berdasarkan jenis-jenis pantun dan langkah-langkah pembuatan pantun. Hal ini menandakan bahwa tidak hanya peran guru dan siswa saja dalam pelestarian pantun, namun masyarakat dan pemerintah perlu bekerja sama untuk menggali mutiara kearifan lokal, salah satunya melalui kegiatan pantun agar tidak punah.


Referensi

Taufik, I. N., & Puspandari, D. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PANTUN DI SEKOLAH DASAR DENGAN MEDIA POKETUN BERBASIS ANDROID. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar8(1).

https://ejournal.unp.ac.id/index.php/jippsd/article/download/126131/pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.