Penggunaan pantun dalam buku pelajaran di sekolah dasar khususnya uraian penggunaan jenis rima, penggunaan jumlah suku kata, pembagian jenis pantun berdasarkan usia/pengguna, pembagian jenis pantun berdasarkan isi, pembagian pantun tematik, pembagian pantun berdasarkan keterpaduan, pembagian pantun berdasarkan integrasi lintas kurikulum. Keterlibatan buku ajar dalam pelestarian pantun sebagai warisan budaya Indonesia menunjukkan hasil yang positif, keberadaan pantun dalam buku pelajaran telah menciptakan ruang ekspresif bagi siswa.
Pantun yang terdapat dalam buku teks sekolah dasar sudah bersifat tematik integratif. Jadi semuanya sesuai tuntutan kurikulum. Hal ini semakin menegaskan hasil positif. Adanya pantun dalam buku teks telah menciptakan ruang-ruang ekspresif bagi siswa. Mereka tidak monoton hanya mempelajari bahasa Indonesia atau sastra Indonesia saja, melainkan mempelajari mata pelajaran lain.
Referensi
Taufik, I. N., & Solihah, D. S. (2022). Critical Discourse Analysis of Pantun in Elementary School Textbook. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 11(2), 410-426.
https://ojs.badanbahasa.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/jentera/article/view/5666
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silakan tulis komentar Anda!
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.